Kegunaan Button, Movie Clip, dan Graphic Pada Adobe Flash


Dalam pembuatan multimedia, tentunya kita harus dapat membuat tombol, animasi dan masih banyak yang perlu kita ketahui. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan projek ataupun multimedia interaktif tentu harus ada gerak animasi yang unik dan bagus.

Kali ini asepzaenuri.com akan membahas tentang simbol apa saja yang paling penting didalam pembuatan multimedia yang harus diketahui. Mari kita simak bersama-sama dan membahas satu persatu.

Button


Button digunakan untuk membuat tombol yang ada di adobe flash. Selain itu objek yang akan dijadikan button dapat pula di berikan actionscrip apabila objek telah dirubah dalam bentuk Button. Mari kita langsung praktekkan.

  • Mula-mula buka adobe flash yang sudah diinstall di PC ataupun Laptop
  • Buatlah seperti gambar dibawah ini.
  • Apabila sudah klik kanan dan pilih convert to symbol


  • Setelah itu buat nama dengan "Button" Type "Button" klik ok



Ketika sudah di klik ok, maka objek tersebut sudah berubah menjadi Button. Kemudian sobat sudah dapat memberikan ActionScript. Namun pembahasan kita kali ini baru sampai Kegunaan Button, Movie Clip, dan Graphic, untuk pembahasan mengenai ActionScript kita akan bahas selanjutnya.

Baca juga : Fungsi masing-masing komponen adobe flash
                   Cara membuat animasi sederhana di adobe flash

Movie Clip

Movie Clip digunakan untuk membuat animasi yang dapat bergerak didalam adobe flash. Movie Clip juga dapat diberikan Actionscript. Lebih kerennya dengan adanya movie clip kita dapat membuat animasi seperti gerakan-gerakan yang dinamis.

Graphic

Graphic digunakan untuk membuat objek yang statis. Yaitu membuat objek yang tidak bergerak. Selain itu graphic juga tidak bisa diberikan Program atau ActionScript dalam bentuk apapun.

Untuk pembuatan Simbol Movie clip dan Grapic langkah-langkahnya sama dengan lngkah pembuatan button. Demikian pembahasan mengenai Kegunaan Button, ovie Clip, dan Graphic pada adobe flash.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegunaan Button, Movie Clip, dan Graphic Pada Adobe Flash"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.