Cara Membuat Animasi Bergerak Sederhana dengan Adobe Flash CS6

Sobat kali ini kita akan membuat animasi sederhana yaitu membuat bola bergerak dari atas kebahwah, mungkin sobat sekalian sudah tidak canggung lagi kan menggunakan Flash dan mungkin membuat animasi seperti ini bukan asing lagi, tapi juga mungkin ini dapat berguna bagi yang baru mengerti dengan namannya flash, nah disini saya akan mengajak sobat sekalian khususnya yang baru belajar menggunakan adobe flash. Disini saya menggunakan Adobe Flash CS6, namun tidak terlalu jauh kok dengan Adobe Flash CS5, CS4 dan yang lainnya hanya saja fitur dan tata letaknya yang mngkin sedikit berbeda.
Langsung saja kita mulai.
yang pertama yang akan saya lakukan adalah membuka Adobe Flash terlebih dahulu sesuai dengan  versi masing-masing yang dimiliki oleh sobat sekalian.
Setelah itu pilih ActionScript 2.0




Nah langkah kedua setelah sobat sekalian membuka nya maka pada tampilan sobat pilih dipojok kanan pada tools yaitu Oval tool (berbentuk lingkaran). Lihat pada contoh gambar tanda panah dibawah.


Langkah ketiga adalah buat lingkaran sesuai dengan ukuran yang sobat inginkan dan tampilan warna sesuai kreativitas masing-masing. maka akan terlihat pada seperti gambar dibawah ini.


langkah keempat setelah gambar terlihat seperti diatas, maka arahkan kursor pada bagian bola atau lingkaran yang sobat buat, klik kanan dan pilih Convert to symbol, yaitu maksudnya kita akan mengkonvert menjadi beberapa tipe. Lihat contoh pada gambar dibawah ini.



kemudian langkah kelima pada gambar dibawah ini diberi nama bola_1. Pada tipe nya dipilih yang Movie Clip.  lihat gambar didalam tanda kurung dibawah ini.


setelah itu langkah keenam adalah arahkan kursor pada time line dengan angka sejauh 50, itu fungsinya seberapa jauhkah kita akan menggunakan time line tersebut, lalu setelah itu klik kanan pilih insert keyframe seperti gambar dan tanda panah dibawah ini.


maka tamoilan time line nya akan seperti gambar dibawah ini, sesuai dengan angka yang dibutuhkan oleh sobat sekalian.

Langkah ke tujuh adalah klik kursor pada time line sejauh 50 atau yang dibuat sobat sekalian maka, selanjutnya klik bola dan geser ke bawah seperti dibawah ini.



kemudian langkah ke delapan adalah letakkan kursor didalam time line yang sudah dibuat, dan klik kanan pilih create clasic tween, lihat gambar dibawah ini.


dan tampilan terakhir akan seperti dibawah ini yang terdapat tanda panah panjang seperti yang ditunjukkan tanda panah didalam gambar tersebut, maka jalankan dengan klik Ctrl + Enter.

Nah begitu sobat sekalian tentang bagaimana membuat bola bergerak secara sederhana, semoga tutorial yang sederhana ini  bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa Join and Follower ya, terima kasih selamat Mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Animasi Bergerak Sederhana dengan Adobe Flash CS6"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.