Penyebab android tiba-tiba mati sendiri dan cara mengatasinya

Pagi kawan blogger sekalian, disini saya akan sedikit share pengalaman teman saya yang mempunyai handphone bertipe android. Dulu dia membeli handphone android bertipe Xioami, lebih spesifiknya Xioami redmi 3 pro. dan baru beberapa bulan namun xioami nya mati mendadak dan pasti dia nya shock, dan binggung tentunya, karena xioami kesayangannya rusak.
Janggan binggung ataupun panik seperti kayak dunia akan runtuh, santai aja dan kita cari tahu penyebabnya. Menurut saya itu hanya kesalahan sistemnya. Nah kali ini kita akan memnahasnya denga step by step kepada kawan sekalian.


Sebelum kita lanjut lebih jauh pembahasan mengenai cara mengatasi kerusakan yang terjadi pada android, kita lihat penyebab yang sering terjadi pada semua handphone secara umum.

Sistem yang kurang komatibel

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi biasanya perusahaan berbondong-bondong bersaing untuk mendapatkan pemasaran yang luas, namun perlu diketahui, tidak semua handphone itu ada kelebihanya saja, pasti ada kekurangannya. Kelebihannya biasanya dalam segi fitur aksesoris seperti kamera, namun terkadang sistemnya masih standar. Ini yang sering terjadi pada handphone bertipe android kebanyakan.

Penggunaan aplikasi yang berlebihan

Penggunaan aplikasi yang berlebihan pada handphone akan menyebabkan sistem kurang maksimal dalam bekarja, sehingga ketika terjadi kendala seperti Crash kita menjadi panik dan kebinggungan seperti e kebakaran jenggot.

Perawatan tidak berkala


Hampir semua perangkat yang kita gunakan mempunyai kelemahan masig-masing tidak lain halnya dengan handphone, sesering kita merawatnya dengan baik seperti pacar, maka selama itu juga barang yang kita miliki akan awet dan aman. Namun apabila kita acuh terhadap barang yang kita miliki maka selama itu juga barang akan rewel alias cepet rusak.

Ittulah beberapa penyebab handphone/ HP yang kita miliki cepet rusak. Oleh karena itu kita harus menjaga, merawat layaknya pacar kita sendiri. Kemudian kita akan membahas bagaimana cara mengatasi HP yang mati sendiri secara tiba-tiba.

Cara untuk mengatasi Hp Android mati tiba-tiba  

diantaranya:
Ketika hp android anda mati tiba tiba cara mengatasinya, yang pada kali ini saya menggunakan hp android bertipe xiaomi redmi 3 pro adalah.
  •  Pada posisi hp mati, lepas semua peralatan seperti Micro SD, karena pada hp xiaomi batre menggunakan batre tipe tanam, jadi tidak bisa di lepas. Jangan lupa karti SIM nya di lepas. Catatan : "Backup terlebih dahulu data-data yang ada pada handphone jika menggunakan memori internal"
  •  Tekan tombol volume down + tombol power  secara bersamaan pada hp xiaomi kira-kira 10 detik lamanya hingga muncul tampilan pada layar hp Fastboot, ini terjadi pada hp xiaomi saja. Jika hp lain menyesuaikan.
  •  Masukkan kembali kartu sim dan micro SD yang telah di cabut tadi, dimana fungsinya untuk membaca kartu dan micro SD tersebut (Tidak mempengaruhi kartu dan micro SD)
  • Tekan tombol seperti langkah nomor 2 diatas untuk memproses ulang semua sistem yang sedang berjalan pada hp android tersebut.
  • Tunggu beberapa saat karena proses booting sedang berjalan, silahkan sambil minum kopi + susu di depan meja anda sambil bersantai.
  • Lihat HP anda, biasanya ketika proses berjalan akan muncul logo dari hp anda kawan. Hingga proses selesai.
Bagaimana???? sudah ada pencerahan bukan, semoga tips pada artikel ini bermanfaat pada kawan sekalian,  dan semoga tidak terulang kembali. Karena jika kita merawat sesuatu dengan baik, tentunya barang yang kita miliki pun akan sayang dengan majikannya.

Apabila ada yang belum paham, silahkan tulis komentar dibawah ini, jika saya bisa membantu, akan saya bantu deengan sebisa saya. Terima kasih.

25 Responses to "Penyebab android tiba-tiba mati sendiri dan cara mengatasinya"

  1. HP Galaxy J5 milik ane sering mental/keluar sendiri. Apakah sama cara menanganinya?

    Soalnya pertanyaan kang asep di blog Catatan Haikal ttg template sudah ane jawab. SIlahkan meluncur ke blog ane...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kang Haikal, untuk HP Galaxy J5 Ssaya belum pernah mencoba nya, namunmenurut saya, sering keluar sendiri itu disebabkan karena sistem nya yang tidak mau bekerja biasanya ram yang masih standard. Semoga dapat membantu..

    ReplyDelete
  3. Hp saya Acer liquid sering mati tiba2 padahal batre nya msh banyak trs dihidupkan lg btre nya low. Apa sih penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meninggalkan jejak....(btw masalah hpku juga sama)

      Delete
    2. Biasanya masalah pada sistemnya gan, dan juga spesifikasi nya kecil, terima kasih

      Delete
  4. Iya, dengan solusi seperti itu juga bisa mas, terima kasih atas saran dan bantuannya

    ReplyDelete
  5. ak dh 2x ini hp mati mndadak, kali ini cm mncul logo mi loading smpai pnas, shock saya, 200rb mlayang d konter krn ga tau ada solusi dsni,type redmi note 3 pro. klu d upgrade k snapdragon kelbhnny apa ya kak trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, udah keduluan di konter ya, biasanya kalau di konter juga cuma 50-75 rebu kak,,. Untuk kelebihan update versi android nya tentusaja lebih satabil kak, namun tidak semua versi bisa di upgrade, hanya tipe tertentu saja. Terima kasih

      Delete
  6. Saya Pake redmi 5A kadang2 mati sendiri kenapa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya hp di gunakan untuk apa saja, apakan sampai panas?

      Delete
  7. Makasih banyak ka, hp saya bisa kaya normal lagi. Makasih banyak ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama-sama, semoga ngak rusak lagi, amin

      Delete
  8. Persis blom lama ini gue ngalamin begitu mati sampe klogo mi ajja,gue pke Xiaomi 4a,panik sih...tapi pura2 ajja ga panik Krn posisi lagi nongkrong rame2,malu kan hp tiba2 mati rusak.
    Berfikir santai berlagak sok pinter ,gue ambil pin congkel kartu cabut,teken tombol power+vol up keluar dah fastbosst ,gagal gue coba lagi Ampe 5x an ,alhasil keluar loading panjang ,dalam hati yakin bisa ni.....
    Dan taraaa beneran bisa,data2 ga ilang alias aman.
    Itu kisah gue,tanpa kekonter bayar mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener itu gan, yang penting kita harus mencobanya, ngak salah kok, kalau emang dah stak baru bawa ke konter,,

      Delete
  9. hp saya kenapa ya min setelah ganti lcd sering mati"sendiri. matinya itu kalo saya masukkan ke kantong celana 10 menit atau 15 menit kemudian mati lagi min .itu kenapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lihat dulu gan, apakah pemasangan LCDnya sudah tepat, biasanya belum pas pada saat diganti

      Delete
  10. Hp ane Xiaomi redmi note 5a,batre padahal msh sisa 10%,
    Kok tiba2 mati ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat di pengaturannya, biasanya ada batas minimumnya, nah dia langsung mati, kalo engga berarti emang sudah lemah sistemnya.

      Delete
  11. Trimakasih kak
    Ini sangat membantu
    smg kaka pnjng umur rejeki lancar
    Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. terima kasih banyak atas doakan, doa pun mengiringi mu gan

      Delete
  12. Kl redmi note 3 di upgrade ke miui 9 apakah 4g nya bakal ilang? Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya emang ilang, karena redmi itu hp keluaran baru gan.. tapi bisa di 4G in lagi kok

      Delete
  13. Mau nanya nih,HP xiaomi 4A kelewat panas tiba2 mati terus hidup lagi,penyebab nya apa??mohon solusi nya

    ReplyDelete
  14. Penyebab mati itu karena pemakaian yang berlebihan mas Febri, karena prosessor ngak kuat nampung banyak aplikasi yg jalan, solusinya, matikan aplikasi yg tidak digunakan,

    ReplyDelete
  15. Ms hp saya Xiaomi pas baterainya di bawah 50% sering mati sendiri kenapa ya?

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel