Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer


Jaringann Komputer (conputer networks) adalah sekumpulan beberapa komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya menggunakan media perantara. Salah satu bentuk dan contuh perangkat lainnya adalah Router, switch, dan sebagainya. Media perantara yang dimaksud adalah media perantara berupa media kabel dan media tanpa kabel.

Dalam sebuah jaringan komputer ada beberapa klasifikasi pembagian jaringan, diantaranya:

Berdasarkan Area

Berdasarkan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  • Local Area Network 
  • Metropolitan Area Network
  • Wide Area Network
  • Internet
Local Area Network (LAN)
Pengertian LAN (Local area network) adalah jaringan lokal yang dibuat pada area yang terbatas. Biasanya cakupanya pun tidak terlalu jauh hanya berada dalam satu gedung atau satu ruangan. Jaringan ini adalah jaringan kecil yang biasa digunakan dalam keadaan bersama, seperti menggunakan printer secara bersama.
 
Metropolitan Area Network (MAN)
Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) hampir sama dengan LAN, hanya saja cakupannya lebih luas dibandingkan dengan LAN. Cakupan jangkauan dari MAN, biasanya bisa sampai pada satu RW, ataupun dalam satu komplek yang sama. Beberapa desa sekitar, ataupun beberapa kota.

Wide Area Network (WAN)
Pengertian WAN (Wide Area Network) cakupannya lebih luas dibandingkan LAN dan MAN, karena cakupan dari WAN meliputi sebuah kawasan, satu negara, bahkan bisa sampai satu dunia.

Artikel terkait : Topologi jaringan komputer

Internet
Internet adalah interkoneksi jaringan komputer dalam skala besar. Cakupan internet adalah satu dunia bahkan bisa lebih dari itu. Internet itu sendiri yang sering orang lain ketahui biasa digunakan untuk mengakses informasi, namun bukan hanya seperti itu dengan adanya internet banyak orang mempunyai akses lebih untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi secara meng-global.

Berdasarkan Media Penghantar

Berdasarkan media penghantar, jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian:

  • Wire Network
  • Wireless Network
Wire Network adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantarnya, dimana data mengalir melalui kabel. Kabel yang biasa digunakan mempunyai dasar bahan tembaga. Namun tidak semua bahan menggunakan dasar tembaga, ada juga bahan yang menggunakan tipe fiber optik (Serat Optik). Fiber optik sendiri sekarang sudah banyak digukan dalam media penghantar untuk beberapa keperluan pada MAN dan WAN. Namun kabel tembaga biasanya digunakan pada jaringan bersekala LAN.

Wireless Network adalah jaringan yang digunakan tanpa diperlukan sebuah kabel sebagai penghubungnya, karena jaringan ini penghubungnya menggunakan media penghantar, seperti gelombang radio atau cahaya infrared. Cahaya infrared atau laser biasanya digunakan dengan cara yang lebih maju. Namun jaringan ini biasanya dipakai khusus, seperti beberapa buah perangkat.

Berdasarkan Pola Operasi
Berdasarkan operasi atau fungsinya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian:

  • Client Server
  •  Peer to Peer
Cliet Server merupakan jaringan yang salah satu di fungsikan untuk menjadi client. Kemudian yang satu digunakan sebagai Server.  Dimana server disini fungsinya untuk melayani komputer yang disebut dengan client. 

Peer to peer merupakan jaringan komputer dimana fungsinya lain halnya dengan Client server, namun disini pada setiap komputer dapat digunakan segaian server sekaligus klien. Setiap komputer dapat memberi dan menerima data dari komputer lain dan ke komputer lain.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai jaringan komputer dan klasifikasinya. Semoga dapat bermanfaat dan kalau belum paham boleh meninggalkan jejak yang membangun. Terima kasih

Referensi : Ebook Membangun Jaringan Komputer | Iwan Sofana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.