Topologi jaringan Komputer

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentunya pernah mendengar apa itu topologi, fungsi topologi dan kegunaan topologi. Topologi dapat diartikan sebagai sebuah arsitektur atau sebuah diagram yang mana digunakan sebagai penghubung atau layout.
Topologi dalamperspektif komputer di artikan dengan Topologi jaringan. Topologi jaringan itu sendiri adalah aturan-aturan bagaimana komputer dapat berhubungan scara spesifik. Topologi itu sendiri berkaitan dengan komponen-komponen sperti switch, router, dan server yang saling berkomunikasi melalui sebuah media transmisi data.
Dalam dunia komputer atau jaringan, topologi dapat dibedkan menjadi dua macam. Topologi fisik dan topologi logika.

Topologi fisik maksudnya adalah topologi nyata dimana topologi ini berkaitan dengan bentuk sebuah jaringan.
Topologi logika adalah adalah sebuah topologi yang berkaitan dengan data. Data yang mengalir pada topologi fisik.
Topologi dibedakan menjadi tiga macam:

Topologi Bus
Topologi Ring
Topologi Star


Topologi Bus sering di sebut juga dengan ethernet bus topologies. Pada jaringan topologi bus dapat kita kenali dengan sebuah penggunaan kabel utama atau yang sering disebut dengan backbone yang menghubungkan ke semua peralatan jaringan.


Topologi Ring , sesuai dengan namanya, topologi ring. Ring berarti lingkaran seperti cincin yaitu lingkaran. Dalam implementasinya, topologi ring lebih susah dibandingkan dengan topologi bus, karena pada topologi ring, data harus bergantian apabila akan mengirim pada komputer satu kekomputer lainnya. Sebagai contoh, Komputer dua akan mengirim ke komputer tiga, kemudian komputer satu akan mengirim ke komputer empat, maka komputer satu tidak bisa mengirim ke komputer empat, karena komputer dua sedang mengirim ke komputer tiga. Apabila komputer satu ingin mengirim pada komputer empat, harus menunggu komputer dua mengirim ke komputer tiga. Ketika komputer dua selesai, barulah komputer satu dapat mengirim.


Topologi Star merupakan topologi yang mempunyai sebuah sentral beruba hub. Namun karena topologi star tidak lebih baik dari topologi ring. Untuk mengatasi kendala tersebut topologi star kini menganti perangkat hub dengan switch. Karena switch lebih cerdas dibandingkan dengan hub.

Jadi topologi jaringan itu terdiri dari tiga macam, diantaranya, topologi jaringan bus, yang bentuk aliran datanya seperti bus, dimana harus bergantian sesuai dengan urutannya, topologi ring, yang bentuknya seperti cincin melingkar. Apabila hendak mengalirkan data harus sesuai dengan urutan, ketika data satu selesai maka lanjut ke data berikutnya. Yang ketiga topologi star, dimana bentuknya seperti bintang, dimana data mengalir akan mengalir dari komputer menuju perangkat tambahan seperti  switch atau hub, kemudian akan dialirkan menuju komputer yang lain.

Begitulah sedikit penjelasan mengenai topologi jaringan, semoga bermanfaat untuk semuanya, jangan lupa coment yang membangun dibawah apabila belum paham atau ingin berdiskusi. Terima kasih.

Referensi : Ebook Membangun Jaringan Komputer | Iwan Sofana


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Topologi jaringan Komputer"

  1. Request topology Tree, Mesh sama Hybrid Pak Asep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas Rudi Chandra Nurhasan, memang belum di update tiga topologi itu, karena tiga topologi selanjutnya merupakan tiga topologi tambahan, terima kasih atas sarannya, semoga bermanfaat

      Delete
  2. Perlu diberikn sumber literasiny pak guru..sdh cukup baik..good

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap pak Eddy Prasetyo Nugroho, maaf belum di cantumkan Literasinya,langsung di update. Terima kasih atas saran dan koreksinya. Semoga bisa bermanfaat buat kedepannya

      Delete
  3. Replies
    1. Makasih gan atas kunjungannya semoga bermanfaat, jangan lupa bermain ke sini lagi ya.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.