Cara Sederhana menampilkan Angka Pada Visual Basic 6.0

Kali ini asepzaenuricom akan memberikan cara bagaimana cara untuk menampilkan angka sederhana pada visual basic 6.0. Cara ini hampir sama dengan cara membuat kalkulator sederhana dengan visual basic ini, naun yang akan dibuat pada pertemuan kali ini adalah secara yang sederhana. Mari kita mulai dengan tahap demi tahap.

Langkahpertama tentunya buka aplikasi visual basic dan jalankan. Setelah selesai akan seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan membuat frame seperti gabar dibawah ini dengan Caption = LATIHAN. Lihat gambar dengan warna kuning.

Baca juga : Membuat List Nama menggunakan Database dengan Visual Basic 6.0

Langkah kedua buatlah kotak seperti dibawah dengan menggunakan CommandButton . Pada caption beri nama dengan angka "1".

Pada langkah ketiga, silahkan buat sama seperti gambar diatas dengan nama caption sesuai dengan angka 1 sampai 9 dan 0. Jika sudah, maka akan seperti gambar dibawah ini.

Langkah ke empat buat data untuk menampilkan hasil dari inputan yang di klik, yaitu dengan cra membuat TextBox.

Setelah semua selesai, langkah ke lima adalah dengan membuat kodingannya, yaitu dengan cara sebagai berikut:
Klik dua kali pada CommandButton, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Gambar merah menjelaskan tentang langkah pertama. Isikan seperti gambar berikut. Akan tapil:

Privat Sub  Command1_Click()
            txtnama.Text = "1"
     End Sub

Untuk lagkah selanjutnya sama dengan langkah diatas, hanya saja, perbedaanya adalah pada tampilan angka sesuai dengan nama Caption pada CommandButton. Ketika di klik pada button 2, maka Caption-nya harus "1". Hal ini disamakan karena nanti pada saat di Run akan muncul sesuai dengan nilai yang telah ditentukan.


Ikutilah langkah-langkah sesuai dengan contoh yang ada hingga seleai. Apabila sudah selesai, silahkan di jalankan. Maka akan berhasil. Demikian contoh menampikan angka seserhana pada Visual basic 6.0. Semoga bermanfaat. Apabila belum paham silahkan tinggalkan tulisan pada kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Sederhana menampilkan Angka Pada Visual Basic 6.0"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.