Cara membuat Animasi Bola Memantul dengan Adobe Flash CS 5 Lengkap

asepzaenuri.com- Selamat datang kembali di asepzaenuri.com, kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara untuk membuat bola yang saling memantul menggunakan adobe flash cs 5. Sebenernya bukan hanya dengan menggunakan adobe flash fersi ini saja. Namun sobat bisa menggunakan versi yang sebelum ini ataupun versi sesudah ini. Tergantung dengan perangkat yang ada pada sobat, hanya saja sedikit berbeda pada tampilan dan tata letak saja.




Mari kita mulai bersama-sama bagaimana cara membuatnya. Sekali lagi sobat bisa menggunakan versi berapapun yang ingin sobat pakai. Yuk langsung saja.
Pastikan sobat sudah mempunyai aplikasinya terlebih dahulu, jika belum punya silahkan sobat download di google ataupun beli. Jika sudah silahkan buka aplikasi yang sobat punya.

Pastikan jika sobat sudah membuka, pilih seperti gambar diatas dengan nama ActionScript 2.0 seperti gambar yang dilingkari warna biru diatas.

Kemudian apabila sudah maka akan tampil seperti dibawah ini. Pilih seperti gambar dibawah ini dengan nama Oval Toll (O) fungsinya untuk membuat lingkaran bulat atau bola.




Ketika sudah memilih Oval Toll maka buat tampilan seperti gambar dibawah ini. Pilih tool dengan nama Line Tool (N) atau cara singkatnya dengan klik tombol (N) pada keyboard.

















Buat garis lurus vertikal seperti gambar dibawah ini satu layer dengan bola.


Setelah membuat garis lurus yang disatukan dengan bola, maka blok dan copy , buat layer baru dan paste  hasil copy tadi sebelahan dengan yang pertama, maka hasilnya dapat dilihat seperti dibawah ini. 

Penjelasan:
Warna Merah : untuk layer 1 dan bola ke 1
Warna hijau : untuk layer 2 dan pembatas bola
Warna biru : untuk layer 3 dan bole ke 2

Ketika sobat sudah membuat seperti gambar diatas, maka sobat tinggal merubah menjadi Movie Clip. Fungsi Movie Clip untuk membuat gerakan animasi agar dapat bergerak.

Pilih Convert to symbol... maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini, dan buat nama menjadi bola1. Kemudian tipe nya Movie Clip. Klik OK

Pada layer 3 sama langkahnya seperti layer 1 hanya saja saat convert to symbol.. diganti nama menjadi bola2.

Nah gimana, langkah selanjutnya sobat harus membuat animasi agar bola dapat terlihat menarik, caranya kita simak bersama-sama.

Pilih Free Transform Tool (Q). Setelah itu tarik titik warna putih yang berada di lingkaran warna merah ke titik yang berwarna hijau. Ini dimaksudkan untuk membuat titik gerak agar animasi nya menjadi bagus. Samakan cara ini pada bola2.

Apabila sudah, selanjutnya mulai membuat animasinya.
Klik layer 1 ke nomor 25 kemudian klik kanan dan pilih convert to Keyframes ikuti seperti gambar dibawah ini.

Kemudian klik pada nomor 50 dan kembalikan lagi seperti gambar dibawah ini.

Blok semua pada layer 1 seperti dibawah ini. Klik kanan dan pilih Create clasic tween
Maka layer 1 bola1 sudah selesai, samakan langkah pada layer 2 seperti layer 1, apabila sudah selesai silahkan sobat run atau jalankan dengan tekan tombol Control + Enter. Maka akan berjalan sesuai dengan rencana semula. Pastikan langkahnya benar dan tepat ya.

Begitulah cara membuat Animasi Bola memantul. Selamat mencoba dan berkarya. Jangan menyerah sebelum mencoba. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat Animasi Bola Memantul dengan Adobe Flash CS 5 Lengkap"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.