Proposal PKM GT Sistem Manajemen Kolaborasi Sumber Daya Lokal dan Sumber Daya Mitra untuk Menyongsong Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)

"Proposal PKM GT Sistem Manajemen Kolaborasi Sumber Daya Lokal dan Sumber Daya Mitra untuk Menyongsong Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)".

Asep Zaenuri, Izzah Tiari, Octa Puspa Sari
(Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia)
"RINGKASAN"
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah sebuah sistem perdagangan bebas antara Negara - Negara  Asia Tenggara, sebagai pasar dan produksi tunggal yang membuat ASEAN lebih dinamis dan kompetitif guna mempercepat integrasi regional di sektor-sektor prioritas.

Dengan adanya MEA tidak hanya memiliki peluang bagi masyarakat indonesia, tapi juga memiliki ancaman yang harus disadari lebih dini sebagai persiapan menghadapinya 2016 mendatang. Peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN bagi masyarakat indonesia salah satunya ialah bagi usahawan muda indonesia yang memerlukan kerjasama modal dari mitra. Namun peluang tersebut harus dikelola dengan baik dalam suatu sistem manajemen kolaborasi agar dalam pasar memperoleh keuntungan.

Kolaborasi merupakan suatu bentuk resolusi konflik yang direkomendasikan sikap kooperatif  dan asertif yang tinggi. Kolaborasi juga menghasilkan situasi "menang - menang" dan sama sekali tidak mempertimbangkan suatu keputusan atau kesepakatan yang bersifat zero-sum. Oleh karena itu diperlukan suatu manajemen yang dapat mengkomodasi kepentingan semua pihak dan menghasilkan solusi yang dapat diterima oleh semua pihak pula dalah sebuah kolaborasi.

 Dalam Program Kreativitas Mahasiswa - Gagasan tertulis ini, dibuat suatu program berupa "Sistem Manajemen Kolaborasi Sumber Daya Lokal dan Sumber Daya Mitra untuk Menyongsong Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)" yang berisi data-data  sumber daya alam lokal yang dapat dikelola dengan maksimal oleh sumber daya manusia lokal dengan keahliannya tertentu serta dengan kolaborasi sumbsr daya mitra demi kemaslahatan bersama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proposal PKM GT Sistem Manajemen Kolaborasi Sumber Daya Lokal dan Sumber Daya Mitra untuk Menyongsong Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.