KARAKTER SEBUAH BANGSA DENGAN ADANYA BUDAYA DAN ILMU PENGETAHUAN


KARAKTER SEBUAH BANGSA DENGAN ADANYA BUDAYA DAN ILMU PENGETAHUAN
Pembahasan
Karakter bangsa dalam masa lalu dikatakan sebagai tatanan nilai budaya dan keyakinan yang harus di miliki setiap orang dalam kehidupan berbangsa  untuk mencerminkan kehasan yang dapat ditanggapi dalam kepribadian masyarakat berbangsa dan bernegara tersebut.
Selain harus mempunyai karakter suatu bangsa juga harus mempunyai budaya yang baik,dalam perkembangan zaman suatu budaya sangat diperlukan oleh suatu bangsa dan Negara sebab dengan adanya suatu budaya bangsa akan menjadi kuat dan terjaga kelestariannya, dengan adanya suatu budaya didalam suatu bangsa atau Negara itu sendiri.
Bangsa akan menjadi maju apabila mempunyai nilai-nilai dalam pengembangan, pendidikan, budaya dan karakter
1.Religius
Memiliki sikap keagamaan yang baik dalam beribadah sesuai dengan agama masing-masing dan mempunyai toleransi terhadap agama lain dalam beribadah sesuai dengan ajaran yang dianutnya, serta menjagadn memelihara kerukunan antar umat beragama.
2.Jujur
Memiliki sikap perilaku yang sepatutnya dicontoh orang lain dalam lingkungan serta bangsa itu sendiri merupakan kewajiban setiap orang, masyaarakat serta bangsa tersebut untuk menjadikan sesuatu keadaan yang lebih baik.
3.Toleransi
Memiliki sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda merupakan karakter suatu bangsa yang bias memajukan suatu bangsa dalam mengankat kewibawaan it sendiri.
4.Disiplin
Yaitu suatu tindakan dimana suatu bangsa harus memiliki tata tertib dalam melakukan sebuah aktifitas, tugas maupun untuk dijadikan contoh dalam kehidupan berbangsa itu sendiri.
5.Kreatif
Memiliki sikap kritis dalam berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki sehingga menambah pengalaman serta keadaan yang lebih baik dalam mencari ide-ide dalam mengeluarkan bakat.
6.Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada negara ataupun orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas permasalahan akan menjadikan sutu bangsa memiliki kepuasan tersendiri dalam mencari pegetahuan secara detil.
7.Demokratis
Dlam suatu  bangsa harus memiliki sikap dan cara berfikir yang baik, bersikap dan bertindak yang menilai sama antara hak dan kewajina terhadap suatu bangsa itu sendiri.
8.Adanya semangat kebangsaan
Adanya sikap dan cara berfikir dan bertindak serta memiliki wawasan yang baik yang mencerminkan kepribadian bangsa serta menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompok-kelompoknya tersebut.
9.Cinta kepada tanah air
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

10.Memiliki sikap tanggung jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
11.Bersahabat
Suatu dikatakan rukun dan damai apabila antara suatu bangsa memiliki kerukunan dan saling kerjasama guna menambah manfaat antara suatu negara itu sendiri dalam bekerjasama baik didalam pendidikan, ekonomi ,politik dan lain sebagainya.
12.Memiliki rasa cinta damai terhadap bangsa dan negara lain
Sikap dan tindakan yang mendorong suatu bangsa dalam memina harkat dan martabat untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara dan mengakui, serta menghormati keberhasilan suatu bangsa dan Negara lain.
13.Sikap peduli
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi seperti kerusakan bumi dan alam sekitar dengan adanya bantuan-bantuan oleh setiap Negara yang dibimbing oleh orgaisasi dunia seperti PBB.
14.Peduli sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang bangsa dan Negara lain dalam mencapai kemakmuran dan masyarakat bangsa dan Negara yang membutuhkan.
Kesimpulan
Jadi dapat dari pemaparan diatas dapat dikatakan bahwa suatu bangsa harus mempunyai karakter guna untuk mencerminkan bangsa tersebut dan mempunyai  tatanan nilai-nilai yang tinggi serta kebudayaan yang kokoh untuk mencapai harkat dan martabat yang baik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KARAKTER SEBUAH BANGSA DENGAN ADANYA BUDAYA DAN ILMU PENGETAHUAN"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.