Cara Membuat menu pada Construct 2 Bagi Pemula

Hay semua kali ini kita akan belajar membuat menu sederhana pada Construct 2, kenapa perlu membuat menu, yuuupppps karena dengan adanya menu, kita dapat melakukan link ke halaman yang akan kita tuju.
Langsung saja kita mulai untuk mebuat menu pada Construct 2 nya ya. Yang pertama sobat lakukan adalah dengan membuat menu asset, disini saya sudah menyediakan asset, sobat sekalian bisa ambil asset yang saya buat sebagai contoh dibawah ini.

 btn_mulai

 btn_tentang

btn_keluar

Setelah sobat download button diatas silahkan sobat masukkan kedalam construct 2 dengan cara drag tombol tersebut pada file sobat yang telah  sobat download, lihat gambar seperti dibawah ini. Buatlah nama Layout yang pertama dengan nama Ly_menu.  Dibawah ini merupakan contoh dari layout =Ly_menu.


Langkah selanjutnya sobat harus membuat Layout yang bernama Ly_tentang, untuk lebih jelas lihat pada gambar dibawah ini dengan mana Ly_tentang.

Setelah sobat sekalian membuat layout baru silahkan rename dan ganti layout 2 dengan nama Ly_tentang.
 

Pada gambar diatas, yang harus sobat ketahui adalah ketika sobat membuat layout dengan nama contoh Ly_tentang, maka pada Event sheets nya, juga harus sobat samakan dengan nama layoutnya, ini dikarenakan kebanyakan sering susah dalam mencari event sheets nya ketika membuat layout dengan skala besar atau banyak. Disini saya coba menyamakan layout dengan nama Ly_tentang dan Event sheets nta dengan nama Ev_tentang. Simak gambar diatas.
Sekarang kita mulai untuk membuat kodingan pada layout Ly_menu. Untuk dapat membuat Button Click kita harus menambahkan Mouse dengan cara klik dua kali pada layout tersebut, maka akan tampil gambar seperti dibawah ini, dan pilih Mose. 


Setelah itu klik kanan pada layout tersebut pilih edit event sheets, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Kemudian untuk membuat menu keluar, maka pada Layout dengan nama Ly_keluar silahkan sobat klik dua kali pada layout Ly_menu maka akan tampil browser seperti contoh dibawah ini.


Setelah itu lihat contoh kodingan untuk keluar dari aplikasi consstruct 2, pada gambar dibawah ini.


Maka apabila sudah selesai, silahkan sobat sekalian exsport terlebih dahulu untuk mengetahui apakah aplikasi sobat sudah bisa keluar saat menekan button keluar. 
Begitulah cara membuat menu sederhana pada aplikasi Construct 2. Selamat mencoba , dan jangan menyerah, karena satu kegagalan tidaklah tiada arti dibandingkan dengan selalu mencoba dan mencari ilmu sebanyak mungkin. Jangan lupa comment dengan bijak dan share ya , semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat menu pada Construct 2 Bagi Pemula"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.