Tutorial Cara Menginstal Ubuntu 14.04.1 Menggunakan VirtualBox

Hay Teman teman kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstal Ubuntu 14.04.1 didalam Laptop Thosiba. Sebelum memasang atau menginstal kita perlu mengetahui apa si Ubuntu itu, Nah,,, secara umum, Ubuntu artinya Kemnusiaan Untuk sesama, ketika kita pikir pikir, maka ubuntu itu kenapa kita instal, karena ubuntu ini free yaitu gratis dalam penggunaanya, tanpa menggunakan lisensi.

Baik bagaimana cara menginstal ubuntu 14.04.1 didalam Laptop, langsung saja kita ikuti tahap demi tahap.

Langkah yang pertama yang harus kita siapkan adalah dengan menyiapkan laptop yang sudah kita sediakan, setelah itu kita kita instal VirtualBox maka akan muncul gambar seperti dibawah ini;
setelah muncul maka klik Tombol next yang tertera pada gambar.


Langkah yang kedua yaitu akan muncul gambar dibawah ini yang bertuliskan Costum Setup, kemudian Klik pada tombol Next seperti dibawah ini.

 Langkah ketiga adalah pada Costum Setup akan terdapat dua kategori yang harus dicentrang atau di ceklis , maka ceklist seperti dibawah ini, setelah itu klik Next.

Langkah keempat  akan muncul gambar dibawah ini dengan Tulisan Warning : Network Interfaces, setelah tulisan itu muncul, maka klik tombol Yes.

langkah kelimaadalah memulai instal dengan cara seperti dibawah ini yaitu klik Tombol Instal

Langkah keenam yaitu proses sedang berjalan seperti dibaah ini


Langkah ketuju, Setelah proses yang sedang berjalan itu selesai, maka pada langkah dibawah ini adalah akan muncul tulisan Oracle VM VirtualBox 4.1.8 Instalation is complete, yang berarti menginstal VirtualBox tersebut sudah selesai, maka klik finish.


Lngkah kedelapan, setelah tadi finish, maka pada langkah ini kita akan memasuki halaman Virtual Box dengan Tulisan Welcome to VirtualBox.
Setelah itu klik pada layar atas yang berwarna hijau seperti matahari, klik New.


Langkah kesembilan , maka akan muncul Welcome to the New VirtualMachine Wizard, kemudian setelah itu, klik Next.


Langkah Kesepuluh, pada langkah ini akan muncul gambar seperti dibawah ini, pada langkah ini kita diharuskan untuk mengisi nama dan Tipe OS, disini saya menggunakan nama yaitu "ubuntu" dan Operating system adalah "Linux" kemudian Version nya "Ubuntu", setelah itu selesai, maka klik Next padaseperti contoh gambar dibawah ini.


Langkah sebelas,  pada langkah ini kita akan memilih berapa memori yang akan digunakan, contoh adalah 721 MB, sesuai kapasitas memori anda, kemudian klik Next.


Langkah dua belas,  akan muncul Gambar dibawah ini, ikuti saja seperti gambar dibawah ini, dan klik Next.


Langkah ke tiga belas, pada langkah ini akan muncul seperti gambar dibawah ini, nah pada langkah ini akan muncul cek list seperti dibawah ini, kemudian kita pilih yang pertama yang bertuliskan "VDI(Virtual Disk Image)" kemudian klik Next.


Langkah ke empat belas, pada langkah ini, pilih yang ceklist pertama, yang bertuliskan Dynamically allocated, untuk memilih lokasi yang kita perlukan, kemudian Klik Next.


Langkah Kelima belas, pada langkah ini kita ketik ubuntu pada location, maka Klik Next, seperti gambar dibawah ini.


Langkah ke enam belas, adalah pemberitahuan, kemudian kita klik Create, seperti gambar dibawah ini.


Langkah Tujuh belas, maka setelah klik create, maka akan muncul  Gambar dibawah ini, sesudah itu lilik Startpada bagian atas yang simbolnya Tanda panah Hijau ke arah kanan,seperti dibawah ini.


Langkah ke delapan belas,  setelah itu maka akan meuncul Tulisan seperti dibawah ini, dan klik Next.


Langkah sembilan belas, setelah itu, maka akan muncul seperti dibawah ini, yaitu untuk memasukkan ISO yang telah ada, saya menggunakan ubuntu-14.04.1-desktop-i386,


Langkah dua puluh , kita akan ditunjukan pada gambar dibawah ini, kemudian klik Start, seperti gambar dibawah ini.


Langkah dua puluh satu, yaitu ketika tadi kita sudah klik start maka akan muncul gambar dibawah ini, kemudian tampilan akan seperti dibawah ini dengan bahasa inggris, tetapi saya menggunakan bahasa indonesia, pilih yang bahasa indonesia, seperti gambar yang kedua ini.



Langkah ke dua puluh satu, yaitu akan ada tulisan, lanjutkan memasang ubuntu, seperti gambar dibawah ini, kemudian klik "Lanjutkan".


Langkah kedua puluh dua, yaitu akan muncul seperti gambar dibawah ini, biarkan saja, kemudian klik "Pasang sekarang".


Langkah kedua puluh tiga,  yaitu pilih data tempat anda beada, contoh yang saya gunakan disini adalah di "Jakarta", kemudian setelah itu Klik "Lanjutkan", seperti gambar dibawah ini.


Langkah kedua pulu empat, yaitu terdapat susunan papan ketik, biarkan saja seperti contoh gambar dibawah ini, kemudian klik "Lanjutkan".


Langkah kedua puluh lima , pada langkah ini kita akan mengisi biodata sesuai dengan kebutuhan , setelah itu semua selesai dan benar benar siap, maka klik "Lanjutkan".seperti gambar dibawah ini.

Langkah kedua puluh enam, pada langkah ini ubuntu sedang loading maka kita tunggu saja hingga proses selesai, seperti contoh gambar dibawah ini.


Langkah kedua puluh tujuh, yaitu  akan muncul seperti gambaar dibawah ini, itu tandanya pemasangan telah selesai, kemudian klik "Nyalakan Ulang Sekarang".


Langkah kedua puluh delaman, yaitu akan muncul gambar seperti dibawah ini, itu tandanya sedang proses pembukaan ubuntu, dan akan selesai.



Langkah ke dua sembilan, yaitu muncul halaman password, karena tadi kita membuat pasword, masukkan sesuai dengan pasword yang anda buat, contohnya seperti dibawah ini.


Langkah yang ke tiga puluh atau langkah terakhir, maka kita akan disajikan oleh halaman pada ubuntu tersebut, atau halaman dekstopnya, maka gambarnya akan seperti dibawah ini.


Nah ketika sudah muncul seperti gambar diatas, maka tandanya pemasangan atau instalasi Ubuntu 14.04.1 Menggunakan VirtualBox sudah selesai. Begitulah teman-teman cara menginstal atau menasangnya, selamat mencoba dan semoga sukses dan berhasil, jangan menyerah sebelum mencoba.

Untuk lebih mempermudah Teman-teman silahkan lihat tutorial nya dengan menggunakan Video dengan cara Klik  asep zaenuri
Atau Juga bisa langsung di YOUTUBE
Dan juga dapat Menggunduh Tutorial PDF di 4shared 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Cara Menginstal Ubuntu 14.04.1 Menggunakan VirtualBox"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.