Tips Sehat pada Bulan Ramadhan - Asep Zaenuri

Tips Sehat pada Bulan Ramadhan


Setiap orang tentunya ingin selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai macam cara dilakukannya. Tidak terkecuali saat datang bulan ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslin didunia melakukan ibadah puasa.

Dengan berpuasa umat muslin tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, oleh karena itu perlunya menjaga tubuh yang tidak terisi asupan makanan selama berpuasa. Disnini akan dijelaskan beberapa tips menjaga kesehatan pada bulan ramadhan dan bagaimana menjaga agar kondisi teteap terjaga serta bagaimana kita mengelolanya.

Pada Saat Berpuasa

Kurangi Aktifitas Di terik Matahari
Pada saat berpuasa tentunya kita tidak makan dan minum, dengan keadaan seperti itu tentunya kita harus menjaga dan mengurangi aktifitas yang lebih dengan cara istirahat yang cukup dan kurangi kontak langsung dengan sinar matahari.

Istirahat 1 sampai 2 Jam
Pada siang hari fisik akan lebih banyak kekurangan cairan, oleh karena itu perlunya istirahat yang cukup. Istirahat yang baik bisanya dilakukan setelah melakukan ibadah sholat zuhur. Dengan melakukan istirahat yang cukup akan memperbaiki sel-sel yang telah bekerja pada waktu pagi hingga siang hari. Melakukan istirahat dengan tidur kurang lebih 1 sampai 2 jam akan mengembalikan metabolisme yang baik.

Olahraga yang Cukup
Biasanya saat berpuasa kebanyakan kita lebih sering tidur daripada beraktifitas di sore hari, itu malah akan menjadikan tubuh kurang sehat. Salah satu aktifitas yang baik saat berpuasa pada sore hari adalah berolahraga yang cukup. Harus di perhatikan olahraga yang cukup adalah olahraga yang sekiranya dapat menjadikan kita lebih sehat dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, dan jangan di paksakan untuk melakukan olahraga yang berlebihan, karena itu akan menambah beban bagi tubuh kita.

Pada Saat Berbuka Puasa

Makan makanan yang cukup Saat berbuka
Terkadang orang yang berpuasa selama sehari penuh cenderung melampisakan dengan makan banyak pada saat berbuka puasa, padahal itu tidak baik untuk kesehatan dan juga akan membuat tubuh malas melakukan kegiatan setelah berbuka puasa. Alangkah lebih baik makan dengan cukup dan tidak terlalu banyak makan makanan yang membuat tubuh menjadi malas.

Biasakan Berbuka debgan yang Manis
Menurut kesehatan, makan makanan yang manis dan cukup pada saat berbuka puasa adalah sunah, sekalipun itu sedikit dan sesuai dengan porsi makan akan menjaga kesehatan tubuh kita. Makan makanan sepertikurma, karena dengan kita makan seperti kurma yang memiliki karbohidrat yang tinggi akan menambah kesehatan.

Pada Saat Shur

Sahur dengan cukup
Sebelum menjalankan puasa pada siang hari, lebih baik kita melakukan makan sahur, gunanya dalah untuk menjaga kesehatan sekaligus menambah energi saat berpuasa nanti, namun terkadang banyak orang yang makan sahur dengan porsi yang lebih agar puasa lebih aman. Namun sahur yang berlebihan malah akan menjadikan tubuh tidak baik. Sahur dengan cukup dan porsi yang sesuai dengan tubuh akan lebih baik. 

Minum Susu
Susu adalah minuman yang mempunya banyak Vitamin, mulai dari Vitamin A, Vitamin B, dan banyak Vitamin lainnya yang terkandung didalam susu. Dengan rutin minum susu yang cukup pada saat sahur akan menambah energi yang cukup pada saat berpuasa.

Dengan melakukan beberapa tips selama bulan ramadhan diatas, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dapat melakukan aktivitas yang baik. Lakukan aktivitas yang sesuai dengan porsi tubuh, makan dan minum yang cukup dan tidak berlebihan, serta istirahat yang cukup demi kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sehat pada Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.