Belajar HTML : Fungsi Tag dan Elemen pada HTML

Pada saat membuat sebuah HTML tentunya kita harus mengenal apa itu Tag HTML terlebih dahulu. Sebab tag HTML merupakah perintah yang biasanya digunakan dalam membuat HTML. Tag HTML digunakan untuk membuat dan menentukan tampilan dari dokumen HTML yang kita buat.


Dalam penulisan Tag HTML biasanya di buat seperti berikut ini.
<BEGIN TAG> isikan dokumen yang kalian buat</END TAG>
Dari contoh diatas, kita dapat simpulkan, dalam pembuatan Tag HTML haruslah benar, sebab, apabila salah, maka kesana nya pun akan tetap menadi salah dan uga kurang baik untuk dilihat.
<html>
   <head>
      <title>
        ...............
      </title>
   </head>
<body>
"isikan dengan dokumen yang akan kita buat."
</body>
</html>

Dari contoh di atas, merupan contoh Tag waib atau standar yang sering digunakan dalam membuat dokumen html. Selain itu kita akan mengenal fungsi dari setiap Tag HTML.

A. Head

Tag <head> dan </head> merupakan tag yang terletak diantara tg <html> dan </html>. Tag HEAD ini berfungsi sebagai kepala pada dokumen HTML yang akan dibuat.
<head>
.................................
</head>

B. Title

Tag <title> dan </title> merupakan tag yang terletah diantara tag <head> dan </head>. Tag TITLE ini akan muncul atau tampil pada jendela browser yang kita gunakan.
<head>
   <title>
         ..............................
   </title>
</head>

C. Body

Tag <body> dan </body> merupakan tag yang terletak di bawah tag <head> dan </head>. Pada tag body ini kita dapat membuat elemen-elemen yang akan kita buat nantinya. Selain itu didalam tag body kita bisa membuat dokumen apa saja yang sesuai dengan keinginan kita.

Sebagai contoh pada tag <body> dan </body> ini kita akan membuat warna background pada web yang kita buat. Sebagai contoh pembuatannya kita lihat eperti contoh dibawah ini.

<body bgcolor="red">
       ............................................
</body>
Dari contoh diatas dapat kita ketahui bahwa didalam pembuatan html perlu adanya tag html yang fungsinya digunakan untuk perintah-perintah dasar. Nah perintah dasarnya meliputi, Tag <head> dan </head>, Tag <title> dan </title> serta Tag <body> dan </body> sebagai dasarnya.

Demikian dalam artikel yang membahas mengenai Fungsi Tag dan Elemen pada HTML. Semoga artikelnya dapat bermanfaat. Jika kalian belum paham, silahkan isi komentar yang sekiranya membangun  dan bermanfaat untuk kedepannya.

Baca artikel tentang HTML Linnya

1. Belajar HTML : Pengenalan HTML
2. Belajar HTML : Pemilihan Text Editor untuk mem-program di HTML
3. Belajar HTML : Fungsi Tag dan Elemen pada HTML

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar HTML : Fungsi Tag dan Elemen pada HTML"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.