Membuat Tampilan Menu Adobe Flash Elegant

Selamat datang di tulisan saya. Kali ini saya akan membahas materi serta tutorial membuatbeberapa menu didalam adobe flash.  Untuk membuat suatu karya pastinya kita harus memperhatikan tampilan atau dalam bahasa inggris desigen. Dengan adanya desain yang bagus tentunya akan menambah motivasi seseorang dalam membuat dan menghasilkan karya yang baik.Baik pada pertemuan kali ini kita akan mengimplementasikan hasil dari pemikiran saya yang belum saya utarakan.
Langkah pertama pastikan sudah ada aplikasi adobe flash tentunya. Disarankan menggunakan aplikasi dengan versi tebaru. Namun disini saya menggunakan aplikasi adobe flash cs5, kurang terbaru, karena yang terbaru adalah adobe flash cis6 se pengetahuan saya.
Setelah teman mempunyai aplikasi, buka aplikasi nya adan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Untuk membuat beberapa menu pastikan harus konsisten, karena supaya hasil yang telah dibuat terkesan lebih bagus dan elok.

Pada aplikasi yang sudah tersedia cari tool dengan nama Retangle tool (R) apabila belum ada atau belum terlihat, maka silahkan pilih di menu bar dengan nama Window dan centrang dengan mana properties.

Klik atau tekan huruf (R) pada aplikasinya. Setelah itu buat seperti tampilan di bawah ini. Jangan lupa diberi nama pada teks nya sesuai dengan gambar supaya lebih mudah.


Maka akan muncul gambar dibawah ini. Maksudnya adalah kita akan memfungsikan sebagai apa?. Disini kita akan membuat semua menjadi  tombol maka semua ke empat menu tersebut di ubah dalam bentuk tombol (Button).


Setelah semua selesai, maka kita mulai membuat Nama menu pada setiap tombol tersebut, caranya adalah dengan klik tombol 2 kali maka akan muncul seperti di bawah ini.


Kemudian lamgkah selanjutnya adalah membuat SCANE. Fungsi scane itu sendiri untuk membuat beberapa halaman yang nantinya ketika kita klik setiap tombol masing-masing tersebut akan mengarah pada halaman yang telah kita buat.
Buat SCANE sesuai dengan button yang telah kita buat tadi. Gambar lebih jelasnya di bawah ini.
Tanda panah ke bawah merupakan cara menambah scane, dan tanda panah ke atas meupakan jumlah scane yang telah di buat.

Berikut merupakn contoh Setiap SCANE.
1. SCANE MENU


2. SCANE MATERI

3. SCANE GAMBAR
4. SCANE ABOUT
Nah setelah teman sekalian membuat tampilan seperti ini. Kita akan lanjut untuk membuat linknya, agar ketika kita klik pada setiap Button, akan mengarah sesuai dengan yang diinginkan.
Pada gambar diatas kita akan membuat script untuk ke menu. Sama halnya, untuk membuat link ke halaman lain seperti ini. Hanya saja saat di halaman lain sesuaikan dengan nama scane nya, disini saya ambil contoh ABOUT.
Namun jangan lupa bagi teman sekalian setiap kita pindah scane yang lain, pastikan di beri script stop pada halaman tersebut agar tidak terjadi looping.
Kemudian silahkan isi dengan contoh script dibawah ini dengan benar.
Setelah itu, pada setiap halaman berikan tombol Back. Caranya seperti cara sebelumnya pembuatan button tadi. Jika telah selesai silahkan run dengan cara Ctrl + Enter.
Selesai.
Nah begita teman-teman sedikit berbagi tentang cara membuat menu seserhana pada adobe flash.
Jangan lupa komen beri like share, dan  komentar yang membangun untuk kedepannya. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membuat Tampilan Menu Adobe Flash Elegant"

  1. Sedikit pemberitahuan, belajar lebih baik gagal namun tetap berusaha. Terima kasih, salam hangat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.