Cara membuat karakter berjalan 4 Direction di Construct 2 dengan mudah

Selamat siang semua, ketemu lagi yaaa!!!! yups, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat karakter berjalan didalam construct 2. Nah tapi sebelum kita lanjut pada penjelasannya, ada baiknya kita tahu, untuk apa fungsi karakter didalam permainai itu. Karakter didalam permainan itu biasanya hal yang paling mendasar dalam seuah permainan dalam game, tanpa karakter kita tidak akan tahu apa yang akan kita lakukan.


Gambar karakter | blogqpot.com

Sepert contoh diatas saya menggunakan karakter (sprite) yang saya ambil dari blogqpot.com, karakter ini biasanya menggunakan type 4 direction, karena hanya bisa berjalan ke kanan, kiri, atas, dan bawah. 

Setelah kita mendapatkan karakter yang sesuai dengan game yang akan kita buat, maka langsung saja kita buka construct 2 yang telah di instal pada laptop/notebook, atau komputer temansekalian. pastikan aplikasi berjalan dengan aman dan terkendali, hahaha just kidding. Karakter tidak harus ama yan sobattt, silahkan cari di mbah google masih banyak karakter yang lebih bagus, wkwkwkwk.

Langsung saja, Cawwwwwwww!!!!!

Kita buka aplikasi construct 2 nya.

Setelah tampilan seperti ini pada komputer sobat, maka kita akan memasukkan sprite atau karakter yang telah sobat sekalian download tadi. Caranya lihat dibawah ini dengan seksama agar mudah dipamahi.

Klik pada layout tersebut maka akan keluar seperti dibawah ini, klik sprite.

Setelah klik sprite maka akan muncul  tanda + pada latyout seperti gambar dibawah ini.klik saja  dan gambar seperti ini.
Klik kanan pada Animation Frame lalu pilih inport frames dan pilih lagi ftom sprite strip...


Maka akan muncul seperti dibawah ini.


Klik Open... dan muncul seperti gambar dibawah ini..


Biasanya pada saat awal gambar yang sebelah kiri ini Number of horizontal cells dan Number of vertikan cells bernilai 1 semua, ini dimaksudkan adalah jumlah sprite karakternya ada berapa jumlahnya. Nah karena jumlah sprite yang saya pakai dari kiri ke kanan berjumlah 4 karakter dan dari atas ke bawah berjumlah 4 karakter maka saya tulisa pada masing masing horizontal dan vertikan sejumlah 4, 4. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.


Untuk sobat sekalian bisa membuat ukurannya sesuai dengan jumlah karakter sprite yang ada pada karakter sobat. Untuk nomor pada layar 0, itu ada kosong, silahkan sobat hapus saja.

Nah tadi kan sudah tahu caranya, dan sekarang kita akan pisah setiap karakter sprite satu persatu, dengan cara sebagai berikut. Pastikan semua pada setiap  karakter tersimpan ya sobat. Lihat seperti gambar dibawah.
Klik pada seriap karakter untuk menyimpannya.


Pastikan contoh diatas tersimpat di satu folder agar tidak pusing untuk mencari urutannya, dan juga lebih baik di simpan mengunakan angka atau kalimat yang berurutan sesuan nama dan langkahnya.

Untuk meng-animasikan karakter maka ikuti langkah sebagai berikut dengan cermat dan bersahaja tentunya, wkwkwkwk.
Yups kita lanjutkan ya. Jangan kemana-mana,.


Klik kanan pada Animation dan buat Animation seperti yang saya buat dibawah ini.

Untuk yang Devault tadi bisa di hapus saja, karena tadi hanya untuk membuat bagian-bagian sprite. OK. Lanjut ya, setelah sobat selesai membuat, silahkan sobat klik pada setiap Animation tersebut dan pilih karakter yang sesuai dengan tulisan Animations tersebut. Pilih Load an image from a...
Kemudian oilih gambar yang sesuai ya. Jangan sampai salah. 
Jangan lupa sprite/karakter dikasih nama, seperti dibawah ini.


Kemudian apabila sudah selesai, kita akan membuat PLAYER dimana fungsi dari player tersebut sebagai gerak kan nya, sama seperti sebelumnya kita membuat sprite terlebih dahulu, kemudian kita namkan PLAYER.
 
Pada Instance Variables kita buat variabel dengan nama "pengikut".


Pada Behavior kita tambahkan 8 Direction.


Jangan lupa pada Behavior kita ubah dari 8 Directions menjadi 4 Directions.


Pada KARAKTER kita gunakan Behavior dan perangkatnya PIN. Seperti dibawah ini.


Setelah selesai, maka kita akan lanjut ke Kodingannya ya sobat, silahkan sobat ikuti seperti di bawah ini, agar sobat tidak salah maka harus berhati, hati karena salah sedikit biasanya akan tidak tepat tentunya, hihi...


Jika telah selesai jangan lupa pada Player di Invisible kan supaya pada saat di Jalankan Player tidak terlihat, yang terlihat hanya Karakter berjalannya.


Maka hasilnya bisa sobat Run di browser yang sobat sayangi.


Nah itulah sobat sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara membuat karakter berjalan menggunakan aplikasi Construct 2 secara sederhana, bagaimana?? tertarik bukan. Mari berbagi ilmu dan pengetahuan. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa "BAHAGIA" :D :).
Jangan lupa Comment untuk lebih baik dan Share ya artikel ini, Salam satu nusa satu bangsa satu bahasa kita.

Created by : Asep Zaenuri
 Youtube : Asep Zaenuri

 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara membuat karakter berjalan 4 Direction di Construct 2 dengan mudah"

  1. set PENGIKUT to "kanan" ,, kgk ada yang set Pengikut ???

    ReplyDelete
  2. Ada itu mas, yang gambar kodingan script bagian dua kan ada PLAYER set pengikut to "kanan", coba di lihat lagi

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.