Pengenalan Dasar Pada Construct 2 #1

Construct 2 merupakan perangkat lunak yang dikembangkan pleh Scirra Ltd. Perangkat ini dalam penggunaannya yaitu untuk mengembangkan game berbasis 2D, 21/2D, 3D dan lain sebagainya. Construct 2 adalah sebuah game editor yang berbasis HTML 5, namun jangan merasa susah ketika mendengar kata HTML 5, karena dalam aplikasi ini tidak semua didalamnya menggunakan kode program, karena dalam aplikasi ini pengembang sudah mendesain sebaik mungkin agar semua kalangan dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Construct 2 dapat digunakan untuk orang-orang yang bukan programmer dalam menggunakan aplikasi ini karena fitur-fitur yang tersedia sangat menarik seperti drag and drop, membuat soal dengan pilihan ganda, jika anda ingin membuat multimedia dengan menggunakan construct 2 ini.

Cukupkan ciplikan pengenalan construct 2 sebagai penambah semangat sobat sekalian untuk mengenal construct 2. Nah sekarang kita mulai yuk untuk mengenal interface apa saja sih yang ada didalam construct 2 ini.

Nah pada Construct 2, ketika kita pertama kali membuka construct 2 kita akan menemukan halaman Start Page.
Start page merupakan sebuah halam utama atau halaman dimana pada saat kita membuka construct 2 halaman tersebut akan muncul. Pada halaman ini terdapat perintah-perintah untuk membuat dan membuka project, contoh project yang sudah disediakan oleh aplikasi construct 2, tutorial construct yang juga disediakan pada aplikasi ini, selain itu juga terdapat link manual, dan lain sebagainya.

Ketika kita membuat project baru maka kita akan menemukan halaman seperti dibawah ini. Halaman dibawah ini merupaka tampilan/interface yang tersedia dalam aplikasi construct 2.

Tampilan Interface
 
Secara umum, interface dalam construct 2 terbagi menjadi dua, diantaranya Layout dan Event sheet. Layout disini merupakan tampilan dimana tempat untuk membuat antarmuka objek yang akan kita buat, sedangkan Event sheet adalah tempat dimana kita membuat kodingan sederhana dalam menjalankan objek yang telah kita buat pada layout.

Tampilan Layout

 Tampilan Event sheet

Selain kedua interface diatas terdapat beberapa interface pendukung dalam aplikasi ini.

Projects
Tampilan Project

Projects disini berfungsi sebagai tempat untuk editing berbagai macam apapun yang akan kita buat, didalam project itu sendiri ketika kita membuat New project* maka terdapat beberapa folder sebagai media penyimpanan beberapa jenis file.
  1. Folder Layout : berisi tampilan projek yang sedang kita buat dimana nama dalam projek tersebut dapat kita rubah sewaktu-waktu yang kita inginkan.
  2. Folder Event sheets : berisi event atau tempat kodengan untuk merubah, membuat gerakan sesuai dengan yang kita inginkan.
  3. Folder Object types : berisi file yang kita buat dalam layout, seperti button, sprite, dan masih banyak lainnya.
  4. Folder Families : berisi button-button dimana untuk mempermudah kita ketika hendak memangil fungsi.
  5. Folder Sound : berisi sound atau suara yang akan kita gunakan, contoh suara tombol dan lain sebaginya.
  6. Folder Music : berisi musik yang akan kita gunakan sebagai latar belakan dalam pembuatan projek. (*yang harus kita cermati dalam pembuatannya harus menggunakan sound dan musik dengan format OGG. bukan mp3 atau lain sebagainya).
  7. Folder Files : berisi file seperti video teks bertipe txt dan sebagainya, catatan untuk file bertipe Vide harus menggunakan format bertipe WEBM, karena apabila menggunakan format lainnya seperti Mp4, MPEG1, MPEG2 dan lain sebagainya, pada saat aplikasi sudah jadi, vile video tersebut akan bermasalah, seperti yang saya alami sebelumnya. Namun apabila sobat sekalian belum percaya silahkan coba saja :).  
Layers
Tampilan Layer

Layer disini adalah tempat dimana untuk memisahkan sprite, button dan lain sebagainya pada layout, karena pada saat kita membuat beberapa layer, maka layer yang sedang kita jalankan yang akan berfungsi, karena penggunaan layer sangat berpengaruh terhadap efektifitas pekerjaan kita, dan juga mudah dalam memilih atau menyeleksi projek kita.

Tilemap
 Tampilan Tilemap

Tilemap sendiri digunakan untuk membuat tapilan sprite dengan ukuran sesuai dengan yang kita inginkan, namun terkadang menggunakan tilemap harus dengan ukuran yang sama, apabila berbeda ukuran, maka penyatuan sprite akan menjadi berantakan.
 
Objects 
 
Tampilan Objects
 
Objek disini adalah tempat dimana objek yang kita buat akan ditampilkan pad objek bar tersebut, seperti sprite, button dan lain sebagainya.
Nah untuk mengenalan dasar-dasar pada construct 2 sampai disini dulu ya, semoga bermanfaat dan mudah dipahami, silahkan isi komentar yang membangun untuk artikel berikutnya. Mari selalu berbagi ilmu, menulis dan berbagi pengetahuan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Dasar Pada Construct 2 #1"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.