Konfigurasi Access Point

Hay teman-teman bertemulagi dengan saya si Blog yang selalu membuat sesuatu yang baru, nah kali ini kita akan membuat tutorial mengenai pengkonfigurasian access point ni, sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus tau dulu donk, apa sih Access Point itu??? pasti tahu kan, dan ada juga yang belum tahu, nah mari kita cari tahu sedikit pengertiannya dibawah ini.
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi transceiver dan antena sebagai transmisi atau penghubung dan penertma sinyal.
Nah bagaimana ni sahabat, sudah mulai mengerti kan apa yang dimaksud dengan Access Point, nah sekarang kita akan mencoba bagaimana ni mengkonfigurasikan access Point itu, yuk kita lihat dan dicoba cara mengkonfigurasikannya. lets go,,,,

Hal  pertama yang harus kita lakukan adalah mereset TPLINK tersebut, yang bertanda panah merah, kemudian sebelah kanan nya adalah untuk memasang kabel lannya.


Setelah mereset selesai Yang kedua yaitu kita akan masuk pada TPLINK tersebut yang namanya "Linksys" 



Setelah itu kita buka alamat IP kita untuk disetting. dengan cara klik Internet protokol Version  4. Maka aka seperti gambar dibawah ini. Kita isikan sesuai alamat yang sudah tersedia, kemudian klik ok.


Kemudian setelah itu kita buka browser kemudian ketkan alamat sesuat dengan IP yang kita setting tadi.


Nah setelah itu maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Setelah ini Kita Masukkan User Name dan Password, kita masukkan username dan password nya dengan admin admin, atau juga username nya bisa dikosongkan. Kemudian Klik OK.


Langkah berikutnya yaitu masuk pada halaman dibawah ini,Yaitu masuk pada "Setwork Setup" kemudian pada tanda panah diatas kita ganti dengan nama sesuai dengan yang sahabat inginkan contoh saya berikan nama "asep".  lalu pilih Automatic configuration DHCP, karena untuk otomatis .


Maka gambar selanjutnya akan seperti dibawah ini. kemudian Klik Save Setting.
Langkah selanjutnya yaitu lanjut pada halaman Wireless , pada langkah ini terdapat Network Name (SSID) kemudian berikan nama "asep" atau sesuai dengan nama yang anda inginkan. Setelah itu klik Save setting, fungsinya yaitu apabila ingin memilih Network yang diinginkan maka akan muncul nama SSID dengan nama "asep".


Setelah itu masuk pada halaman Wireless Security , yang akan muncul seperti gambar dibawah ini, kemudian pada Passprahase ketikan password "123456789" sebagai contoh yaitu ketika akan masuk harus mengisikan password sesuai dengan yang dibuat, karena menjaga siapa yang bisa masuk dan siapa yang mengatahui password tersebut. dan klik Aave Setting


Setelah semua selesai maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, dan klik Saved.


Setelah selesai maka silahkan masuk ke alamat yang sudah dibuat, disini dengan contoh " asep " dan silahkan konek kan .
setelah konek, maka pengkonfigurasian telah selesai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Untuk Lebih Jelasnya silahkan klik Disini untuk mengunduh File PDF nya.

Referensi :
Asisten dosen Jaringan Komputer
Image : www.dabs.com
image : asepzaenurie.blogspot.com




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konfigurasi Access Point"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.