Pengertian Power Supply

Power supply adalah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik keberbagai perangkat cpu. perangkat ini memiliki lima perangkat atau lebi, yang dapat disambunkan ke berbagai perangkat , seperti motherboard, harddisk, flopy disk drive, CD ROM, dan lain sebagainya, mengapa demikian, karena perangkat-perangkat ini memiliki satu kesatuan dimana ketika antara perngkat-perangkat ini salng terhubung maka akan menjadi atau dapat dikatakan sebagai penguat atau lebih sering di sebut dengan power supply.
Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa jenis power supply, pada umumnya power supply yang digunakan dan beredar dipasaran berjenis ATX, dengan konektor power terdiri dari 20 pin.



Dari data yang telah diketahui , bahwa casing ATX , adalah cassing yang didalamnya power suply berjenis ATX, dengan konektor.






KETERANGAN.

Berhubungan dengan cassing dan power supply, para pengguna komputer juga menggunakan perangkat tambahan yaitu stabilizer dan UPS.

1. Stabilizer
Stabilizer adalah perangkat yag berfungsi mengatur  stabilisasi arus listrik yang masuk kedalam komputer.











2. UPS 
UPS(Uniterruptible power Supply) adalah suatu unit back-up atau cadangan power yang menyediakan power secara kontinu saat power supply normat terinterupsi. dengan kata lain,  jika suatu  ketika power  atau arus listrik PLN tiba-tiba mengalami mati, maka komputer masih dapat terus menyala karena adanya arus cadangan pada komputer yang disimpan pada UPS tersebut untuk beberapa saat kedepan sebelum mati, maka kita dapat menyimpan data tersebut, kemudian kita juga dapat mematikan supaya keadaan komputer tetap terjaga dengan baik.














Referensi;
Image :www.google.co.id
Informatika Bandung

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Power Supply"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.