Pengertian Adobe Freehand


Adobe Freehand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe
Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
Versi terbarunya , Freehand 11, dipasarkan sebagaiFreehand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak yang lain dan sebagainya.
Macromedia FreeHand, CorelDraw, atau adobe ilustrator dapat juga digunakan untuk  membuat gambar vektor. Gambar tersebut dapat dibuat secara terperinci, kemudian diekspor ke format arsip bitmap sebelum digunakan pada Macromedia Director.
Referensi:
Wikipedia.org,  ALFABETA(Karangan Prof.Dr. Munir, M.IT) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Adobe Freehand"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan memberi saran yang membangun.